Minggu, 15 November 2009

MEMILIH BINATANG PELIHARAAN
MEMILIH LANGSUNG
Tidak ada yang lebih baik dari memilih langsung hewan peliharaan anda. Ketika memilih atau mengadopsi binatang piaraan, anda harus menyakinkan diri anda bahwa ini merupakan pilihan seumur hidup bagi binatang piaraan anda. Jangan memilih dan mengadopsi binatang piaraan hanya karena trend atau keinginan tiba-tiba. Binatang peliharaan tersebut, kemudian akan menjadi terlantar atau mati.

Sangat tidak benar, jika hewan piaraan anda mati dengan mudah anda akan kembali membeli lagi dan lagi. Karenanya, berpikir matang dan rajinlah mencari informasi tentang apa pun yang ingin anda pelihara.
SERASIKAN KARAKTER HEWAN PILIHAN DENGAN GAYA HIDUP ANDA
Karakter binatang lebih penting dibandingkan ukuran. Jangan lupa jika dirumah sudah memiliki binatang peliharaan lain, pikirkan untuk mempertemukannya dengan peliharaan anda yang baru. Ini bisa membutuhkan waktu. Dan sekali lagi, YA, binatang memiliki sifat karakter yang spesifik! Jadi jangan lupa bertanya dan mencari informasi tentang hewan pilihan anda. Sesuaikan juga dengan gaya hidup anda. Ketahui karakter anda/anak yang ingin merawatnya. Apakah anda/anak tipe yang telaten atau praktis?
BUDGET
Binatang sama dengan manusia memerlukan makan dan perawatan. Mereka bisa sakit dan bosan akan makanan yang sama. Jadi jangan malas untuk mencari tahu, makanan-makanan bergizi yang sesuai dengan budget kita. Pastikan anda telah mengetahui kebutuhan perbulan mereka dan pertambahan porsi makanan seiring dengan bertambahnya ukuran dan usia.
RUMAH HEWAN/KANDANG
Sebelum anda pergi ke toko binatang/pasar burung dll, jangan lupa untuk mempersiapkan terlebih dahulu alat-alat yang mendukung. Kandang, tempat makan dan minum, pembuangan kotoran, pasir kotoran (kucing, hamster, kelinci dll). Jangan baru membeli barang-barang ini bersamaan dengan binatangnya. Biaya akan menjadi mahal. Karena ketika untuk pertama kalinya anda membeli binatang, maka semangat/impulsif belanja akan alat-alat pendukung menjadi tinggi. Anda akan membeli barang-barang yang tidak begitu vital bagi mereka dan tentu saja anda akan mengeluh di akhir bulan. Jadi cicil terlebih dahulu alat pendukung!
TETANGGA
Coba cek dulu, bagaimana dengan kehidupan bertetangga anda. Jangan sampai anda dimusuhi tetangga karena hewan piaraan anda. Anda tidak memerlukan ijin untuk memelihara, tapi setidaknya anda telah mempersiapkan diri jika kelak ada keributan tentang binatang piaraan anda. Dengan ini anda sudah siap dengan segala solusi.
GROUP/CLUB/DOKTER HEWAN
Jika anda tipe yang rajin bersosialisasi. Memelihara binatang bisa membawa anda kepada kehidupan sosial baru. Anda bisa bergabung dengan sesama penggemar binatang. Sekaligus bisa saling bertukar ilmu, info dan tips tentang kebutuhan piaraan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar